Memahami Islam Lebih dalam Via Sejarahnya

https://penaungu.com merupakan ibu dari ilmu pengetahuan. Darinya seseorang bisa mendapatkan pengertian yang lebih dalam mengenai suatu hal. Dikala ini, mencari kabar perihal apa bahkan sudah cukup gampang seperti semisal sekiranya Anda mencari berita mengenai sejarah Islam Anda bisa mencarinya di beberapa blog Islami yang beredar di dunia maya. Keterbatasan akses terhadap kabar sekarang telah semakin berkurang. Kembali pada pembahasan mengenai memahami Islam lewat sejarahnya. Islam sebagai sebuah agama yang telah lahir semenjak abad keenam masehi tentu telah via bermacam dinamika sejarah yang panjang. Darinya banyak hal yang dapat seorang muslim ambil hikmahnya.

Sejarah yaitu sebuah kisah kehidupan yang disebutkan kembali. Begitu pula dengan sejarah Islam. Kisah-kisah Islami yang sudah disebutkan secara turun temurun yakni salah satu pelajaran yang berharga dalam memahami Islam lebih dalam. Kisah dalam sejarah Islam bisa dibagi dalam beberapa jangka waktu yakni periode kenabian, teman, tabiin, tabiu tabiin, dan seterusnya. Dalam setiap jangka waktu terdapat dinamika kehidupan beragama yang berbeda beda yang mana bisa memberikan pemahaman yang menyeluruh mengenai Islam hingga saat ini.

Pada periode kenabian, periode ini yaitu jangka waktu permulaan bagi kemunculan Islam. Tentu saja keberadaan nabi Muhammad di tengah masyarakat muslim saat itu menjadi pusat pemahaman seputar Islam. Kisah-kisah mengenai kemuliaan dan keelokan tata krama Rasulullah dalam pelbagai hal bisa menjadi cermin agama Islam yang sebenarnya. Oleh karena itu sejarah Islam pada jangka waktu ini tergolong sejarah patut diketahui oleh seluruh umat Islam agar benar-benar dapat memahami alangkah cantiknya ajaran yang diturunkan oleh Allah lewat nabi-Nya yang mulia, Muhammad shalallahu alaihi wassalam.
image

Berikutnya masa sahabat, pada masa teman ini yakni masa dimana tuntunan dan junjungan besar umat Islam nabi Muhammad shalallahu alaihi wassalam telah wafat. Kemudian Beliau digantikan oleh sahabat-teman terbaiknya. Pada periode ini banyak kisah-kisah teman yang bisa diteladani oleh segala umat. Kisah mengenai pemimpin yang adil, panglima yang pemberani, hartawan yang gemar memberi menghiasi jangka waktu ini. Banyak blog Islami yang memuat kisah-kisah tersebut agar dapat menjadi model bagi seluruh. Generasi terbaik dari junjungan yang terbaik merupakan teladan yang pas untuk memahami Islam lebih dalam.

Waktu berikutnya adalah jangka waktu tabiin dan tabiu tabiin. Waktu ini menjadi periode perkembangan yang menjadi kelanjutan dari penyebaran Islam yang telah dilaksanakan oleh para sahabat sebelumnya. Pada jangka waktu ini umat Islam bisa melihat tokoh-tokoh bersahaja, tangguh, berani, adil, cerdas, dan sekaligus beriman sedangkan mereka tak pernah sekalipun bertemu dengan Rasulullah shalallahu alaihi wassalam. Dari tokoh-tokoh tersebut umat Islam dikala ini dapat mengetahui, mempelajari, dan memahami pelbagai ilmu pengetahuan mengenai Islam. Kitab-kitab yang ditulis pada masa ini menjadi referensi banyak ulama kontemporer. Oleh sebab itu kisah-kisah mengenai tokoh-tokoh hal yang demikian menjadi sangat ideal untuk dibaca dan ditiru. Saat ini telah banyak blog Islami yang menyediakan kisah sejarah Islam hal yang demikian. Ayo pahami Islam lebih dalam via sejarahnya!